Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Flashpacker Family- 13 Tips Liburan murah ke luar negeri Bersama Balita – Part 3

Flashpacker Family- 13 Tips Liburan murah ke luar negeri Bersama Balita – Part 3

Diposting pada 18 May 2013 oleh igar

Kalau kemarin Flashpacker Family- 13 Tips Liburan Ke luar negeri Bersama Balita part 1 dan part 2 membahas persiapan awal dari mulai menyiapkan si kecil,berburu tiket,mempelajari negara tujuan, untuk tips yang terakhir kali ini adalah membahas  memilih budget hotel atau hostel dan wisata kuliner

11. Hostel atau Hotel ?

Mosque st, singapura

Namanya juga flashpackers, alternatif pertama mommy bisa mencari hostel, (bukan hotel loh ya! ) hostel bisanya memang buat backpacker, tapi tidak hanya untuk backpackeran saja, bisa juga untuk keluarga /untuk anak kecil, banyak juga ko keluarga yang memilih menginap di hostel. Alasan pertama tentu karena harga jauh lebih murah, ke-2 karena kita kan istilahnya cuman numpang buat tidur, jadi akan banyak waktu yang dihabiskan buat jalan jalan, yang penting kan nyaman dan bersih dan lokasi strategis. Karena hotel dengan lokasi strategis dekat dekat mrt dan pusat kota biasanya lumayan mahal.

Hostel adalah versi hemat dari hotel, biasanya ada yang 1 kamar 2 bed, atau family single bed, kamar dengan 4 kasur tidur, bahkan sampe 8-16/dormitory, dan biasanya kamar mandi dipakai bersama sama dengan yang lain, jadi tidak ada pada setiap kamar, tapi jangan kuatir di negara maju-maju pada umumnya walupun kamar mandi dipakai secara bersamaan, kamar mandinya tetap bersih kok moms…

This photo of The Hive Backpackers Hostel is courtesy of TripAdvisor

Photos of The Hive Backpackers Hostel, Singapore

private double room

Tips : jika anak bunda masih balita, pilihlah kamar dengan tipe private double room (double room disini istilahnya adalah kamar dengan kasur ukuran besar 1,8m keatas, karena di nengara seperti singapura dimana lahan sangat terbatas,ukuran kamar disana kecil-kecil, dan beberapa hostel hanya menyediakan ukuran kasur versi 2 ukuran single bed di setiap kamar), jika memungkinkan pilihlah hostel yang memiliki laundry sendiri,hal ini berguna jadi bunda tidak ingin membawa pakaian yang terlalu banyak,karena bunda bisa mencucinya disana.

Hostel biasanya juga menerapkan sistem self service, makan di ruang makan dan nanti mencuci piring dan gelas sendiri, nah bagi kami disini nih serunya kalau nginep di hostel, selain lebih hemat kita bisa berinteraksi dengan tamu-tamu lain yang kadang gak jarang ketemunya orang-orang Indonesia juga, mungkin kalau di Indonesia istilahnya hostel adalah homestay.

Btw, Banyak hostel yang bagus dan ramah buat balita ko moms.. jangan kuatir, kalau memang ingin menghemat budget (agar bisa belanja lebih banyak…hehe) namun yang paling penting kenyamanan si kecil jangan sampe dikorban kan yah!

Pilihlah hostel yang ramah kepada anak-anak, yaitu hostel yang memang bisa menerima tamu anak-anak. Beberapa hostel seperti di Negara singapura tidak memperbolehkan membawa anak kecil, tapi kebanyakan memperbolehkan sih moms. Ada juga yang hanya memperbolehkan membawa anak dalam rentang usia tertentu seperti dari 3-10 tahun.

hostel-keluarga-murah-singapura-keikidscorner

Pilihlah hostel yang dekat dengan obyek wisata yang akan didatangi atau yang berada ditengah kota/dekat dengan tempat makan, sebaiknya jika sudah menemukan hostel/hotel yang cocok dengan budget, lihat reviewnya di internet dari para wisatawan yang telah menginap, jangan lupa tanyakan juga Apakah boleh membawa anak (jika tidak ada penjelasan tentang usia tamu yang menginap),

untuk review contohnya bisa dilihat di tripadvisor.co.id bisa lihat ulasan pada bagian orang tua yang membawa anak. jadi bisa memberi gambaran lebih detail tentang hostel tersebut, jangan lupa berkunjung ke forum-forum traveling untuk mendapatkan informasi yang lebih detail.

biasanya saya berkunjung ke kaskus.co.id/traveling, atau grup di facebook seperti Backpackers Dunia bunda bisa bertanya apa aja disana.

Usahakan memesan kamar jauh-jauh hari sebelum berangkat, idealnya sekitar 1 bulanan, dan hindari di bulan-bulan liburan, karena dijamin bakal susah dapet hostel yang diinginkan, Untuk memperoleh harga yang murah, bisa membandingkan harga di hostelbooker.com, tripadvisor.co.id, hostelworld.com, agoda.com, atau booking.com untuk agoda biasanya tiba-tiba muncul penawaran semacam flash deal, untuk beberapa hotel, kadang diskonnya bisa lebih dari 50% , jadi bersiap-siap aja ya…

Jika memang menginginkan menginap di hotel tapi dengan harga murah/budget hotel mungkin alternatifnya bisa mencari hotel yang tidak terlalu dekat dengan MRT/pusat kota, dan sebagai alternatif kalau memungkinkan carilah hotel yang dekat dengan pemberhentian bus.

12. Wisata Kuliner

Flashpacker-Family-13-Tips-traveling-Ke-luar-negeri-Bersama-Balita-Part-3

Makan murah di singapura

Memang seru untuk mencoba berbagai makanan khas negeri tetangga/ jajanan pinggir jalan. Seperti contohnya Negara singapura yang terdiri dari  3 suku bangsa besar, India,Chinese dan melayu, yang menyebabkan beragamnya aneka makanan yang ditawarkan disana. Namun jika membawa si kecil, ada baiknya memilih restoran, hawkers atau food stall yang menyediakan menu yang tidak jauh dari yang biasa si anak makan, misal nasi, ayam,dll Umumnya, balita hanya mau memakan makanan yang sudah ia kenal atau terbiasa, hal ini juga menghindari diare pada anak karena memakan makanan yang berbeda bumbunya dengan yang biasa dimakan si anak.

Di Negara maju seperti singapura sebetulnya wisata kuliner itu tidak harus mahal,

walaupun memang jelas lebih mahal dari Negara kita…heheh ya iya lah kurs nya aja sekarang sekitar 1sgd =Rp.8000

Sebagai contoh untuk makan dengan harga murah/standar disingapura bunda bisa mencoba hawkers, yang bertebaran disana, hawker Apa itu? Sebetulnya kalau tidak salah itu adalah istilah untuk pusat jajan kaki lima/warung2 kaki lima tempat para penduduk lokal biasa nangkring untuk makan, terutama pada malam hari. Karena disukai penduduk lokal, jadi sebaiknya datangilah tempat tempat hawker selain murah bisa juga untuk mengenal selera asli warga setempat.

Beberapa hawkers istilahnya warung kaki lima juga banyak menyediakan makanan halal, makanan Indonesia maupun melayu, misalnya  disingapura hawkers biasanya makanan di bandrol dari harga sekitar 2 sgd sampe 4 sgd.

Flashpacker-Family-13-Tips-traveling-Ke-luar-negeri-Bersama-Balita-Part-3-banquet

Logo halal atau Banquet

Selain restaurant, hawkers, Food court/food stall mungkin juga bisa menjadi pilihan yang tepat, selain murah (dibandingkan dengan restorant tentunya) pilihan banyak, dan tentu saja food court/food stall biasanya lebih mahal dari tempat semacam hawkers karena biasanya lokasinya di mall, contoh untuk makan di foodcourt di mall-mall di singapura biasanya harga di bandrol dari 4sgd-10sgd, mommy mungkin ada baiknya mencari informasi-informasi food court negara tujuan yang kira-kira nanti akan dikujungi, bila mencari yang halal, pilihnya yang berlogo tulisan halal, atau berlabel no pork no lard, bisa juga bunda mencari food court yang bertuliskan banquet, banquet biasanya terdiri dari beberapa foodstalls yang menjual makanan halal.

 

Makanan favorit si kecil

Bagi mommy yang punya balita susah makan ada baiknya membawa bekal makanan kesukaanya, kalau anak saya karena terkadang suka dengan sosis instant seperti so***, jadinya saya bawa bekal beberapa sosis tersebut untuk menemani sikecil makan,buat jaga-jaga aja sih kalau lagi susah makan

Jika sakit atau ngambek ?

Sebelum memulai perjalanan, pikirkan kemungkinan terburuk jika si kecil sakit. Bila sakitnya sekadar demam atau flu, Mommy bisa memberinya obat yang biasa ia minum. Tetapi bagaimana jika sakit lebih buruk?

Bunda mungkin bisa menambahkan opsi pembelian asuransi kesehatan untuk si kecil sekedar untuk berjaga-jaga, kalau berdasar pengalaman kami jika liburan ke negara dekat dengan Indonesia selama ini tidak pernah membeli asuransi sih, dan alhamdullilah lancar, hehehe makanya dari itu bunda perlu melihat kemampuan sikecil dalam beradaptasi terhadap lingkungan pada waktu liburan.

Selain itu juga, pastikan tidak terlalu membebani si kecil dengan daftar tempat wisata yang harus dikunjungi. Jika si kecil lelah, beristirahatlah. Bila ia mengantuk, biarkan ia tidur, Jangan terlalu memaksakan harus terus berjalan atau mampir ke tempat-tempat wisata/kejar target.

stroller-lipat-Flashpacker-Family-13-Tips-traveling-Ke-luar-negeri-Bersama-Balita-Part-3

stroller lipat chocolate iflex

Membawa stroller lipat merupakan hal yang wajib, karena si kecil bisa beristirahat distroller jika merasa capek,selain itu kenapa saya menekankan hostel dekat dengan public transport/mrt/tempat pembertian bus, hal ini sangat membantu dalam hal efisiensi waktu, jika kita telah bepergian jauh seharian ada baiknya pulang dahulu ke hostel/atau hotel barang sebentar untuk mengistirahatkan kaki kita dan terutama untuk sikecil juga selama beberapa jam, nanti mungkin sorenya kita bisa melanjutkan lagi perjalannnya.Hal ini penting untuk menjaga staminanya.

Jangan lupa selalu bawa cemilan-cemilan/bekal sehat ya moms waktu jalan-jalan seperti roti atau bahkan buah yang bisa dibeli dibeberapa food court dalam kemasan yang sudah dipotong-potong, roti akan sangat berguna untuk mengganjal perut jika di tempat wisata susah untuk mendapatkan makanan

Tips: bawalah Stroller lipat, selain momy tidak harus capai bergantian menggendong si kecil, si kecil juga bisa berisitahat di stroller tanpa harus pulang dulu ke hotel, jika tidak me-mungkinkan (misalnya lokasi-lokasi obyek yang ingin di tuju kebetulan berjauhan)

Untuk stroller lipat, jika tidak punya mommy bisa meminjam/rental, dengan banyaknya rental mainan dan kebutuhan anak yang menjamur di berbagai kota rasanya tidak sulit mencari rental stroller.

Beberapa maskapai juga tidak menarik biaya tambahan untuk stroller lipat, untuk pastiny bisa ditanyakan terlebih dahulu kepada maskapainya.

Yang penting, Mommy juga perlu menjaga mood si kecil, oleh Karena itu penting untuk memasukan wahana/wisata untuk anak, bunda bisa juga mampir di mall-mall Negara tujuan, dan kebetulan untuk Lokasi MRT biasanya kebanyakan letaknya dibawah mall-mall, jadi bunda tinggal naik keatas menuju mall mungkin bisa menyempatkan mampir sebentar untuk mencari tempat bermain anak, jika anak mulai rewel, bunda bisa juga lihat sekalian siapa tau ada special offer/great sale dari mall tersebut.. hehehe

13. Peralatan Komunikasi

backpackers-apps

backpackers apps

Jika bunda mempunyai smartphone semacam android atau iphone/ipad bunda bisa menginstall beberapa aplikasi pendukung untuk bunda selama berwisata disana, untuk aplikasinya bunda bisa menginstal applikasi seperti google map, tripadvisor,streetdirectory jika ke singapura bunda bisa juga menambahkan menginstal aplikasi semacam gothere.sg, ini semacam aplikasi untuk menghitung jarak dan bagaimana menujunya dengan menggunakan bus/taxi, aplikasi ini cukup akurat.

Download beberapa peta rencana perjalanan bunda, hal ini membantu untuk mengurangi kemungkinan tersesat di sana (kemungkinan sih kecil kalau di SG karena semua tanda lalu lintas sudah sangat jelas) yang bisa mengakibatkan banyak waktu yang terbuang percuma apalagi bila kita membawa balita, tentu saja akan membuat si kecil bisa bad mood karena kita mutar muter gak jelas.

NB: karena kita membawa balita ada baiknya kita membuat planning secara mendetail,pastikan fitur gps aktif jika kita akan melakukan pencarian di negara tersebut,agar hasil pencarian lokasi lebih akurat, untuk beberapa operator di Indonesia menggratiskan biaya roaming internet selama beberapa hari di luar negeri loh moms, silahkan googlling sendiri ya moms…ntar dikira promosi lagi..

Ok moms saya rasa tips dari saya segitu dulu,kalau ada beberapa yang kelewatan nanti akan saya update, dan mungkin bunda yang udah sering traveling bareng si kecil bisa memberikan Tips2nya…

Artikel selanjutnya [insyaallah], Tips liburan seru dan hemat bersama si kecil di Singapura…. 

Bagikan informasi tentang Flashpacker Family- 13 Tips Liburan murah ke luar negeri Bersama Balita – Part 3 kepada teman atau kerabat Anda.

Flashpacker Family- 13 Tips Liburan murah ke luar negeri Bersama Balita – Part 3 | Keikidscorner.com | Baju Anak Branded Murah Dan Berkualitas

Komentar dinonaktifkan: Flashpacker Family- 13 Tips Liburan murah ke luar negeri Bersama Balita – Part 3

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Dear Lovely Customers,

Mohon maaf  untuk sementara Keikidscorner  TUTUP

Terima Kasih.

shopping-cart-402756_960_720

 
Baju Anak Branded Murah Dan Berkualitas located at indonesia , , . Reviewed by 73 Pembeli Baju Anak Branded rated: 4.5 / 5
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan